Friday, January 13, 2017

Installasi OwnCloud Di Linux

ASSALAMUALAIKUM WR.WB


 Di sini saya akan menjelaskan tentang cara mengintall ownCloud

Hasil gambar untuk owncloud

A.PENGERTIAN 
ownCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project.ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.


B.MAKSUD DAN TUJUAN
Saya ingin mencoba membuat layanan Cloud Storage sendiri yang dapat digunakan secara pribadi maupun komunitas.

C.ALAT DAN BAHAN
-  Pc atau Laptop
-  file ownCloud
- koneksi internet

1.Pertama buka terminal terlebih dahulu dan ketikan
sudo apt-get update dan msukan passwordnya


2.Untuk menuju ke folder Downloads ( letak file yang sudah di download )
- cd /home/talep/downloads


3.Untuk melihat file yg ada di folder download
- ls


4.kemudian ekstrak file yg di download tadi
- unzipowncloud-9.1.3.zip


5.setelah di ekstrak pindahkan dari folder download ke folder owncloud itu sendiri yang terletak pada folder var/www/html/ owncloud/
- caja
 


6.untuk memberi hak akses maksuka perintah
- chmod 755 owncloud/
- chown -R www-data:www-data /var/www/html/ owncloud/




 7. Kemudian masuk ke broswer ketik di URL :  localhost/phpmyadmin dan masuk ke database dan create owncloud seperti gambar berikut


8.Setelah itu ketik di URL : localhost/owncloud dan daftar owncloud seperti gambar berikut

9.installasi selesai akan muncul tampilan seperti di bawah


D.HASIL

Hasil yang saya dapatkan dalam pembuatan owncload ini adalah saya bisa menyimpan dan mendownload file saya kapan saja dan tidak lagi tergantung kepada flasdisk sebagai media penyimpanan yang biasanya saya pakai.

E.KESIMPULAN
Kesimpulan yang saya dapatkan setelah menginstall ownclod adalah saya bisa mengetahui bagaimana cara menginstall owncload yang benar. dan Kesimpulan yang di dapat pFEada pembelajaran kali ini adalah bagaimana tata cara menginstall owncloud yang benar setelah kita menginstall LAM SERVER.

 F.REFERENSI
 SEMOGA BERMANFAAT
WASSALAMUALAIKUM WR.WB
Previous Post
Next Post

0 Comments: