Saturday, January 14, 2017

Tutorial Menambah Kapasitas OwnCloud

ASSALAMUALAIKUM WR.WB.



Disini saya akan menjelaskan cara menambah kapasitas di owncloud


Hasil gambar untuk owncloudHasil gambar untuk Owncloud
 

 A.PENGERTIAN
OwnCloud adalah suite software client-server untuk menciptakan layanan file hosting dan menggunakan mereka. OwnCloud secara fungsional sangat mirip dengan banyak digunakan Dropbox , dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa ownCloud adalah gratis dan open-source , dan dengan demikian memungkinkan orang untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi . Ini juga mendukung ekstensi yang memungkinkan untuk bekerja seperti Google Drive , dengan editing secara online dokumen, kalender dan sinkronisasi kontak, dan banyak lagi. Keterbukaan eschews diberlakukan kuota pada ruang penyimpanan atau jumlah klien yang terhubung, bukannya memiliki batas keras (seperti pada ruang penyimpanan atau jumlah pengguna) didefinisikan hanya dengan kemampuan fisik server.

 B.MAKSUD & TUJUAN
Agar dapat menyimpan file di owncloud dengan jumlah yg besar.

C.LATAR BELAKANG
Dengan banyaknya file yang ingin kita simpan dan ukurannya beragam sedangkan ukuran max.upload defaultnya  hanya 2M sehingga menghambat kita maka untuk memudahkan ini adalah solusinya.
 
D.ALAT & BAHAN
- Laptop/Pc
- Koneksi Internet
- Sudah terinstall Owncloud
E.Langah kerja
1.Buka terminal dengan login sebagai root dan masukan password nya.

2.lalu kita ketikkan perintah berikut untuk mengedit ukuran upload owncloud-nya.
" nano /etc/php5/apache2/php.ini "


 3.Akan muncul tampilan seperti ini tekan " ctrl + w " dan ketikan " post_max_size " kita ubah post max size nya sesuai keinginan kita,disini saya coba dengan 3G.

 4.Setelah itu tekan kembali " CTRL + W " ( Searching kali ini untuk mengubah ukuran upload size di owncloud ) " upload_max_filesize " Kita ubah sesuai keinginan dan ubah Max_file_upload sesuai keinginan.


5.Terakhir tekan " CTRL + X " dan Y untuk menyimpan.


6.Kita restart dengan perintah " service apache2 restart " 

7.Setelah selesai konfigurasi buka owncloud kembali dan upload file besar sudah bisa.

F.KESIMPULAN
Dengan semakin kita sering membaca maka kita akan mudah memecahkan suatu masalah  dan terkadang karena kemalasan kita bisa tidak tahu untuk hal-hal sederhana yang sangat ,mudah dan bermanfaat.

G.REFERENSI


SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT
WASSALAMUALAIKUM WR.WB
Previous Post
Next Post

0 Comments: