Tuesday, April 9, 2019

Perintah Command Prompt Untuk Manajemen Berkas

- Assalamaualaikum Wr. Wb.-

Disini saya akan membagi tentang perintah command prompt untuk manajemen file yang sering kita gunakan


Dengan adanya perintah command prompt untuk manajemen file mempermudah kita dalam melakukan kegiatan tentang file misalnya mengcopy file,cut file,rename file,dll

Berikut ini beberapa perintah perintah tersebut :

1. Berpindah Directory
    cd NamaDirectory
CD digunakan untuk mengarahkan ke suatu directory yang dituju. Caranya adalah dengan mengetikkan cd (spasi) Nama Directory. Jika pindah lebih satu directory maka di tambahkan tanda ( / ) 
cd NamaDirectory1/NamaDirectory2/NamaDirectory3 
Untuk kembali ke directory sebelumnya maka dengan perintah,Jika ingin kembali lebih dari 1 diretory maka di tambahkan ( / )
cd..



2. Melihat Isi Directory
dir

DIR digunakan untuk mengecek directory yang ada atau yang pernah di buat. Contoh saya mengecek di drive D maka muncul directory yang berada pada di drive tersebut.

3. Menghapus Directory
rmdir NamaDirectory
RMDIR digunakan untuk menghapus diretory. Contoh saya akan menghapus directory yang bernama TEST yg berada di drive d:/MATAKULIAH/ ,untuk menghapus directory yang bernama TEST maka kita harus masuk ke directory MATAKULIAH terlebih dahulu setelah itu kita tinggal mengetikan "rmdir NamaDirectory"

4. Membuat File
copy con
COPY CON digunakan untuk membuat file dengan format txt, contoh saya akan membuat file dengan nama TALEP kemudian isinya " Tugas UTS Sistem Operasi Tentang Perintah command Prompt " bila sudah mengetiknya isi file txt nya tekan "CTRL + C"


5. Mengcopy / Menyalin file
copy Nama File(spasi)Nama Directory yang Dituju
Setelah kita membuat file kemudian kita akan mencoba mengcopy file tersebut, contoh saya akan file dengan nama TALEP yg berada di directory d:\MATAKULIAH ke directory d:\MATAKULIAH\SO\TUGAS untuk mengecek apakah file tersebut sudah tercopy atau belum, kita pindah ke direcotry d:\MATAKULIAH\SO\TUGAS dan ketikan "dir"

6. Memindahkan File
 move Nama File(spasi)DirectoryTujuan
Setelah mengkopi file kemudian kita mencoba memindahkan file dengan perintah move, Contoh saya akan memindahkan file dengan nama TALEP kemudian saya pindah dari directory d:\MATAKULIAH\SO\TUGAS ke directory d:\MATAKULIAH,

7. Mengubah Nama File
ren Nama File Lama(spasi)Nama File Baru
Contoh saya akan merubah nama file dari TALEP menjadi TUGAS UTS (Jika nama file terdapat spasi maka kita tambahkan tanda "..." )
8. Menghapus File
 del Nama File
Terakhir saya akan menghapus file yg sudah di buat tadi

Sekian dari saya semoga tentang artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi kita semua


- Wassalamualaikum Wr. Wb. -
Previous Post
Next Post