Monday, January 30, 2017

Upload ISO Di Proxmox

ASSALAMUALAIKUM WR.WB


Disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara upload iso di proxmox.
Hasil gambar untuk upload iso di proxmox


A.PENGERTIAN
File ISO adalah  jenis file arsip yang memungkinkan pengguna untuk menyalin isi dari seluruh drive atau disk. File-file ISO tidak dikompresi dan mengandung banyak file lain yang semuanya telah dikumpulkan bersama-sama untuk transfer cepat dan mudah. File-file ISO yang paling sering digunakan sebagai pengganti CD tapi juga dapat digunakan untuk menyalin server, harddisk, atau perangkat penyimpanan lainnya. Perangkat lunak ISO memungkinkan pengguna untuk membuat file ISO, membakarnya ke disk, serta ekstrak konten darinya kembali.
Pada Proxmox ini file ISO diupload untuk bahan installasi VM dari Proxmox.

B.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan nya adalah Untuk Mempermudah saya dalam proses instalasi sistem operasi yang menggunakan Virtualisasi proxmox.  

C.LATAR BELAKANG
Karena saya ingin menginstall system operasi di dalam VM Proxmox oleh karena itu saya mengupload File ISO.

D.ALAT DAN BAHAN
1. Pc/Laptop
2. File ISO OS
3. Koneksi internet
4. Kabel UTP

E.LANGKAH KERJA
1.Sambungkan terlebih dahulu Laptop/Pc ke local server kita.

2. Buka Web Browser di Laptop atau PC, dan kemudian ketikkan IP Proxmox kita di Url. Contoh alamat ip Proxmox saya  "http://192.168.10.2:8006/" , kemudian login terlebih dahulu.


3.Maka kita akan masuk ke tampilan Proxmox maka jika kita akan upload file ISO maka kita masuk ke datacenter kemudian penyimpanan local Proxmox.


4.Setelah itu  pilih menu content > upload
 

5. Kemudian Upload dan tunggu Proses Upload sampai selesai


6.Jika sudah selesai proses Upload maka akan muncul File pada tampilan content penyimpanan local Proxmox kita,SELESAI..


F.KESIMPULAN
Kesimpulan yang saya dapatkan pada tutorial kali ini adalah cek terlebih dahulu file iso yang ingin kita upload dan pastikan file iso nya tidak "corrupt" dan bacalah buku panduan sebelum kita melaksanakan nya atau menguploadnya.

G.REFERENSI


SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT
WASSALAMUALAIKUM WR.WB
Previous Post
Next Post

0 Comments: