Wednesday, February 8, 2017

Konfigurasi FTP Server Di Debian 8

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Hasil gambar untuk samba server

Disini saya akan menjelaskan cara konfigurasi FTP Server di Debian Server

Hasil gambar untuk FTP 


A.PENGERTIAN
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

B.MAKSUD & TUJUAN
Agar nantinya saya dapat bertukar file dan dapat melakukan upload-download file dari dan ke server dengan baik dan lancar.

C.LATAR BELAKANG 
Protokol yang melakukan  trasfer file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Fungsi FTP adalah mempermudah dalam pembagian file-file, mempercepat secara tak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.

D.ALAT & BAHAN
1. Laptop
2. Koneksi internet
3. Server

E.LANGKAH KERJA 
1.Tahap pertama yang harus dilakukan adalah, kita remote terlebih dahulu sever kita melalui ssh, kemudian masuk ke super user dan masukkan passwordnya


2.Selanjutnya kita akan menginstall dan konfigurasi proftpd,tapi sebenarnya ada dua aplikasi paling populer dii distro debian,yaitu proftpd dan vsftpd, namun disini saya menggunakan proftpd karena lebih cepat dan mudah dalam konfigurasinya. ketik perintah " apt-get install proftpd "

3.akan muncul dua pilihan yaitu frominetd dan standalone seperti pada gambar di bawah ini, pilih " standalone "

 4. Selanjutnya kita akan mengkonfigurasi proftpd dengan perintah
" nano /etc/proftpd/proftpd.conf "

 5.Tambahkan beberapa teks seperti berikut di bagian paling bawah 
<Anonymous /home/smkn1sawit/>
User smkn1sawit
</Anonymous>
 
- Untuk menyimpan ctrl + x kemudian y dan enter.

6.Kita tambahkan user dengan perintah " adduser smkn1sawit "

7.Terakir kita restart Proftpd  " service proftpd restart "

8.Buka browser dan ketikan " ftp://192.168.13.2 "

 9.Jika muncul tampilan  seperti di bawah ini maka sudah berhasil.


F.KESIMPULAN
jadi FTP merupakan protokol yang digunakan untuk  keperluan  transer atau bertukar data antar komputer client dan komputer server,dengan adanya ftp kita dapat melakukan uploadmaupun mendownload file atau  data yang berukuran besar maupun kecil dengan mudah.

G.REFERENSI
Ebook konfigurasi debian server blc telkom


SEKIAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT
WASSALAMUALAIKUM WR.WB
Previous Post
Next Post

0 Comments: